TREKKING THE TRADING WAY OF THE LOST MENJUTO KINGDOM 5 HARI - 4 MALAM


Perjalanan dagang yang telah dilakukan ratusan tahun lalu hingga sekarang oleh masyarakat Desa Renah Kemumu, Kerinci pada setiap minggunya yaitu hari jumat untuk menjual hasil perkebunan, seperti kopi, kayu manis dan lainnya untuk dibelikan perlengkapan rumah tangga mereka ke Desa Lempur. Karena didasari penghematan biaya transportasi yaitu bisa membawa barang yang akan dijual dengan kuda dan lebih dekat jarak tempuh berjalan kaki adalah alasan mereka berdagang ke Desa Lempur. Desa Renah Kemumu adalah desa tertua dari 3 pemekaran wilayat (area kehidupan). Menurut legenda masyarakat setempat, Desa ini juga bekas kerajaan menjuto yang sampai saat ini masih belum diketemukan lokasi tepatnya namun banyak ditemukan peninggalan tua. Disini juga menjadi tempat penelitian antropolog karena banyaknya cagar budaya yang ditemukan. Selain itu, sepanjang jalur trekking ini kita akan melewati hutan hujan tropis yang masih dijaga kelestariannya dengan semua binattang dan tumbuhan yang hidup didalamnya dan kehidupan masyarakat yang masih tradisional

Day 1

Tiba di minangkabau airport pagi hari akan dijemput langsung oleh tour guide. Perjalanan langsung dilanjutkan menuju Kerinci yang ditempuh selama 6 jam perjalanan darat. Lunch enroute. sesampainya di homestay, check tools & briefing field di homestay. Dinner dan Free programme.

Day 2

Breakfast di homestay dan pada pukul 06.00, memulai trekking menuju desa Renah Kemumu melewati hutan hujan tropis, kebun kayu manis dan perkebunan penduduk.

Makan siang ditengah hutan. Diperkirakan sampai di Desa Renah Kemumu pada pukul 17.00. menginap di rumah penduduk sekitar yang telah ditentukan. Dinner dirumah penduduk. Setelah itu dilanjutkan dengan pengobatan tradisional (pijat urut/ massage)


Day 3

Breakfast di rumah penduduk. Menuju Grao (geiser hotspring) yang berlokasi 3 jam dari desa Renah Kemumu untuk mandi dan menyaksikan semburan Grao yang mencapai 5 meter di asuh oleh masyarakat setempat. Dilanjutkan dengan makan siang di sana. Sembari pulang ke Desa Renah Kemumu, trekking dilanjutkan melihat peninggalan kuno kerajaan Menjuto yang hilang dan kehidupan masyarakat setempat. Dinner di rumah penduduk di Desa Renah Kemumu.

Day 4

Breakfast di rumah penduduk. Dilanjutkan dengan memulai perjalanan pulang menuju homestay berbarengan dengan perjalanan para Pedagang Desa Renah Kemumu ke Desa Lempur untuk hari belanja Jumat. Makan siang di perjalanan. Sesampainya di Homestay, free programme. Dinner

Day 5

Breakfast yang dilanjutkan check out homestay (atau extended night) dan langsung menuju Padang. Setibanya di Kota Padang akan langsung diantar menuju Bandara Minangkabau atau hotel untuk perjalanan berikutnya. Tour end.


MORE INFO CONTACT EMAIL : TRANSGLOBALDJB@GMAIL.COM